DEPUTI RISET DAN INOVASI DAERAH BRIN APRESIASI KEMAJUAN BRIDA PROVINSI PAPUA BARAT

"sambutan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi" dok.brida_mediapapuabarat

BridaNews_Manokwari, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik Indonesia bersama Badan Riset dan Inovasi Daerah (Sebelumnya Balitbangda Papua Barat) mengelar secara offline dan online diseminasi pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) dan penyusunan Rencana Induk Pemajuan IPTEK Daerah di salah satu hotel di Manokwari, Papua Barat (Kamis, 29/9/2022).

"Bupati Sorong Selatan yang diwakili oleh Plt. Kepala Bappeda, Bapak Yakob Thesia, S.Pd  menerima pertimbangan  pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Sorong Selatan oleh  Kepala Badan Riset dan  Inovasi Nasional yang diserahkan oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah, Dr. Yopi" (dok.brida_mediapapuabarat)

Dalam sambutan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Daerah Provinsi (Pemda) Papua Barat atas langkah-langkah yang baik dalam membentuk BRIDA di daerah. “Saya sangat bersyukur melihat Provinsi Papua Barat dalam hal ini Balitbangda yang telah berubah nomenklatur menjadi BRIDA Papua Barat. Saya mengapresiasi hal ini, atas peraturan yang sudah dikeluarkan bersama dokumen-dokumen pendukung lainnya yang juga sudah disiapkan. Bahkan saya lihat kemajuan begitu luar biasa dengan hasi-hasil publikasi ilmiah maupun bentuk kerjasama dengan Mitra Pembangunan dalam mendorong inovasi dan pengembangan komoditas di daerah. Juga Dashboard gagasan BRIDA Papua Barat yang merupakan bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK),” jelas Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN.

"Presentasi Dasi BRIDA  oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut" (dok.brida_mediapapuabarat)

Lebih lanjut, Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN menyampaikan bahwa BRIDA Papua Barat menjadi model bagi Kabupaten Kota Se-Papua Barat dalam membentuk BRIDA.  Deputi menyampaikan awal yang baik setibanya bersama Tim BRIN di Manokwari bertemu dengan Gubernur Papua Barat, Komjen  Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, dirinya mengaku ini adalah suatu tanda yang baik di Papua Barat karena Kepala Daerah yang menyempatkan waktu berdiskusi bersama Tim BRIN dan Kepala BRIDA sehingga ada informasi yang akan kami dapatkan, juga perhatian yang begitu serius dari Gubernur dalam mengembangkan  BRIDA di Provinsi Papua Barat dan kabupaten kota. “Saat ini kita perlu belajar bersama, maju bersama. Kita harus bekerjasama dan selalu aktif bertanya jika ada kendala-kendala di daerah, dan terkait hal-hal teknis kami dari BRIN siap untuk mendampingi untuk mengarahkan dalam persiapan dan pembentukan BRIDA di daerah. Provinsi Papua Barat ini menjadi model bagi provinsi dan kabupaten/kota lainnya,” tuturnya

 

"Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi dan tim saat mengunjungi stand diseminasi BRIDA Provinsi Papua Barat" (dok.brida_mediapapuabarat)

Pada kesempatan yang sama Bupati Sorong Selatan yang diwakili oleh Plt. Kepala Bappeda, Bapak Yakob Thesia, S.Pd  menerima pertimbangan  pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Sorong Selatan oleh  Kepala Badan Riset dan  Inovasi Nasional yang diserahkan oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah pada BRIN. Selain itu, dilanjutkan juga dengan peluncuran buku  Papua Barat: Menuju Pembangunan Berkelanjutan yang diterbitkan oleh Balitbangda Papua Barat pada April tahun 2022 ini.

"Penyerahan Buku Papua Barat Menuju Pembangunan Berkelanjutan dan Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Papua Barat Nomor 7 Tahun 2022 tentang Riset dan Inovasi Daerah oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi" (dok.brida_mediapapuabarat)

"Foto bersama Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi di dampingi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si bersama SKPD Teknis Daerah" (dok.brida_mediapapuabarat)

Dalam menutup sambutannya, Dr. Yopi mengharapkan kabupaten/kota untuk dapat berkomitmen, berkolaborasi dengan semua pihak, membangun komunikasi yang intens antar internal pemerintah daerah maupun dengan pihak lainnya. Bahkan dirinya mengajak kabupaten/kota untuk melihat dan belajar dari BRIDA Papua Barat yang dipimpin oleh Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, yang telah memberikan bukti bahwa Papua Barat sudah melaksanakan riset dan pengembangan inovasi serta memberikan dampak dan pola bagi daerah lain. (lb/brida_mediapapuabarat)


Banner
Video

Desember

MINSENSELRAMKAMJUMSAB
27282930123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031