Reorientasi dan Pembekalan bagi CPNS dan PPPK di Lingkup Balitbangda Provinsi Papua Barat

"Reorientasi dan Pembekalan CPNS & PPPK di Lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat" (design_balitbangdapb_media)

BalitbangdaNews_Mengawali tahun 2021 di minggu kedua, Balitbangda Provinsi Papua Barat melakukan kegiatan pembekalan kepada para CPNS dan PPPK pada Balitbangda Provinsi Papua Barat, acara ini dilakukan di Mansinam Beach Hotel pada hari Kamis dan Jumat, 14 dan 15 Januari 2021 diikuti oleh delapan peserta CPNS dan PPPK.

Pengarahan oleh Kepala Bidang Ekonomi & Pembangunan Balitbangda Papua Barat. Ir. Totok M Untarto, M.Sc"Perkenalan  oleh Kepala Bidang Ekonomi & Pembangunan Balitbangda Papua Barat. Ir. Totok M Untarto, M.Sc kepada CPNS & PPPK" (balitbangdapb_media)

Acara reorientasi dan pembekalan kepada para CPNS dan PPPK dibuka oleh Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat, Drs.Yonas Hindom. Setelah itu dilanjuktkan dengan pemaparan materi tupoksi masing-masing bidang, yaitu Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bidang Sosial dan Pemerintahan serta Bidang Pembinaan Masyarakat Daearah. Dari pemaparan tupoksi ketiga bidang tersebut, kesemuanya tupoksi tersebut mengacu kepada satu visi yaitu visi Gubernur Papua Barat. Dari visi Gubernur Papua Barat, maka Balitbangda Provinsi Papua Barat mempunyai tugas  melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Pemaparan Materi oleh Staf Bidang Sosial dan Pemerintahan Balitbangda Papua Barat" (balitbangdapb_media)

Selain itu, dipaparkan juga tugas pokok dan fungsi dari Balitbangda Provinsi Papua Barat yang meliputi:

  • Penyusunan kebijakan teknis penelitian dan pengembangan pemerintahan provinsi.
  • Penyusunan perencanaan program dan anggaran penelitian dan pengembangan pemerintahan provinsi.
  • Pelaksanaan penelitian dan pengembangan di pemerintahan provinsi.
  • Pelaksanaan pengkajian kebijakan lingkup urusan pemerintahan daerah provinsi
  • Fasilitasi dan pelaksanaan inovasi daerah.
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan penelitian dan pengembangan di provinsi.
  • Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan penelitian dan pengembangan lingkup pemerintahan provinsi.
  • Pelaksanaan administrasi penelitian dan pengembangan daerah provinsi; dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur.

"Pengenalan Bidang Pembinaan Masyarakat Daerah oleh Jhonal Thio, S.Pi sebagai Kasubid Inovasi dan Pengembangan Teknologi Balitbangda Papua Barat" (balitbangdapb_media)

Disela-sela kegiatan, Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charly D. Heatubun, S.Hut, M.Si dalam arahannya mengatakan bahwa Balitbangda merupakan lembaga akademik di birokrasi pemerintah yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melakukan kajian-kajian akademik, penelitian ilmiah serta analisis kebijakan, sehingga Balitbangda pekerjaannya lebih kepada bagaimana kemampuan otak kita berpikir, karena kita dituntut untuk dapat memberikan masukan, saran dan rekomendasi kepada OPD teknis lain, termasuk juga Badan yang bertugas untuk merencanakan perencanaan pembangunan daerah. Balitbangda juga dharapkan mampu untuk menyiapkan data-data dan informasi yang akan digunakan oleh OPD teknis lain didalam menyusun program-program kegiatan pembangunan daerah.

"Pengarahan Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si kepada CPNS dan PPPK yang baru" (balitbangdapb_media)

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa menyikapi kebijakan pemerintah pusat, kedepannya akan dilakukan deesalonisasi, jadi pejabat eselon hanya akan ada pada eselon II, kecuali ketika kita Balitbangda Provinsi Papua Barat kemudian mengembangkan UPTD maka tentunya akan ada eselon III yang kemudian ditempatkan pada UPTD tersebut. Kepala Balitbangda menambahkan juga bahwa terlepas dari deesalonisasi, kita juga sudah harus mulai mempersiapkan tenaga-tenaga fungsional yang memang harus dimiliki oleh Balitbangda dan merupakan ciri khas dari suatu lembaga penelitian. Balitbangda kedepannya juga diharapkan memiliki tenaga fungsional peneliti, fungsional perekayasa, fungsional analis kebijakan dan juga lainnya seperti perencanaan dan keuangan.

Kepala Balitbangda menambahkan bahwa, sebagai lembaga penelitian  dan juga peneliti maka nilai kejujuran itu adalah yang utama, sehingga ketika tidak jujur maka kita tidak cocok untuk bekerja di Balitbangda, tutur kepala Balitbangda kepada para CPNS dan PPPK, serta seluruh ASN dan THL di lingkup Balitbangda Provinsi Papua Barat. Selain itu, hal  penting yang kemudian menjadi perhatian dan pesan Kepala Balibangda bagi para CPNS dan PPPK bahwa kalian harus dapat bekerja untuk menghasilkan yang terbaik, kerena hasil terbaik dan bertanggung jawab akan dinilai dan menjadi catatan tersendiri untuk pengembangan karir dan pelibatan di dalam kegiatan program, tambah Kepala Balitbangda.

Dalam arahannya, Kepala Balitbangda juga mengatakan bahwa, mulai tahun 2021, kita akan belajar untuk menerapkan deesalonisasi, kita akan melihat kemampuan orang dari hasil kerja/kinerjanya, tentunya ini adalah sesuatu yang dalam rangka menuju ke fungsional.

 "Penyerahan sertifikat secara simbolis kepada tenaga kerja harian (THL) di lingkup Balitbangda oleh Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si" (balitbangdapb_media)

Mengakhiri arahannya, Kepala Balitbangda mengucapkan selamat datang dan bergabung kepada para CPNS dan PPPK  ke dalam keluarga besar Balitbangda Provinsi Papua Barat, semoga kemampuan, dedikasi, loyalitas akan diberikan sehingga membuat Balitbangda semakin maju, tentunya juga untuk Provinsi Papua Barat.

Pada acara penutupan, Kepala Balitbangda Prof. Dr. Charly D. Heatubun, S.Hut., M.Si. dalam sambutannya mengajak kepada seluruh staf Balitbangda dan THL serta CPNS dan PPPK yang baru bergabung untuk bekerjasama dalam bekerja melaksanakan tugas dan tanggung jawab pada Balitbangda Provinsi Papua Barat. Dengan satu harapan bahwa kita akan terus meningkatkan kinerja kita dan memberikan pelayanan yang terbaik di tahun 2021. Acara diakhiri dengan Ibadah syukur Lepas Sambut tahun baru dilingkup Balitbangda Provinsi Papua Barat yang dipimpin oleh hamba Tuhan, ibu Pdt. Novita Waroy, S.Si. Teol. Dalam refleksi singkatnya yang diangkat dari Mazmur 121: 1-8, Pdt. Novita Waroy menyampaikan bahwa kita patut mengucap syukur karena kita masih dilayakkan Tuhan untuk melangkah dan berkarya di tahun yang baru 2021.

Setelah Ibadah Syukur dilanjutkan dengan acara ramah tamah pimpinan beserta seluruh staf Balitbangda Provinsi Papua Barat. (balitbangdapb_media)

"Foto bersama Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat, Kabid, Kasubid dan Staf serta CPNS dan PPPK baru di Lingkup Balitbangda Papua Barat" (balitbangdapb_media)


Banner
Video

Febuari

MINSENSELRAMKAMJUMSAB
31123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28123456