SEMINAR AWAL KAJIAN SINERGITAS KEWENANGAN LEMBAGA PENGELOLA OTSUS PAPUA DI PROVINSI PAPUA BARAT

"Suasana Diskusi Sinergitas Kewenangan Lembaga Pengelola Otsus Papua di Provinsi Papua Barat" (jhopan/balitbangdapb_media)

Manokwari, Balitbangda News- Diakhir tahun 2020 Balitbangda Papua Barat kembali melaksanakan seminar awal yang akan mengkaji terkait perjalanan Otonomi Khusus (Otsus) di Tanah Papua, Senin (30/11/20).

Dalam perjalanan Otonomi Khusus di Tanah Papua, ternyata tidak serta merta menyelesaikan berbagai persoalan, tetapi justru menimbulkan berbagai konflik kepentingan antara berbagai lembaga bentukan pemerintah berdasarkan UU Pemerintahan Daerah maupun lembaga bentukan pemerintah berdasarkan UU Otonomi Khusus Papua.Permasalahan yang selama ini dihadapi oleh pemerintah adalah bagaimana melakukan sinergitas kewenangan antar lembaga Otsus Papua di Papua Barat. Untuk itu Balitbangda Papua Barat melakukan Kajian Sinergitas Kewenangan Lembaga Pengelola Otonomi Khusus (Otsus) Papua Di Provinsi Papua Barat.

Sambutan Gubernur yang disampaikan oleh Sekda Papua Barat Drs.Nataniel Mandacan, M.Si dalam pembukaan seminar awal di Mansinam Beach Hotel Manokwari ini, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam urusan Sinergitas antar lembaga tersebut, di antaranya: 1) Pemahaman tentang Tujuan kebijakan penyelenggaraan Otonomi khusus; 2) Pemahaman tentang Tugas pokok dan fungsi lembaga penyelenggara; 3) Sinergi lembaga penyelenggara dalam pencapaian tujuan penyelenggaraan otonomi khusus. “Dari hasil seminar ini kami berharap, akan muncul sinergitas antar lembaga pengelola otonomi khusus agar penyelenggaraannya dapat sesuai dengan kewenangan serta kultur dan karakter masyarakat sebagai wujud membangun dengan hati, mempersatukan dengan kasih menuju Papua Barat yang Adil, Sejahtera dan Bermartabat” jelas Gubernur Papua Barat.

Seminar ini menghadirkan beberapa narasumber dari lembaga teknis yang terlibat serta menangani langsung perjalanan Otsus Papua Di Provinsi Papua Barat, diantaranya, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Papua Barat, Ketua MRP Papua Barat, Ketua Fraksi Otsus DPRD Papua Barat, Kepala Biro Administrasi Pelaksanaan Otsus papua Barat dan Kepala Bidang Perencanaan Otsus Bappeda Provinsi Papua Barat. (Ars/balitbangdapb_media)

 


Banner
Video

Januari

MINSENSELRAMKAMJUMSAB
272829303112
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31123456