info@balitbangda.papuabaratprov.go.id

Profil Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat

Profil Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat

Profil Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat

Nama Lengkap : Prof Dr Charlie Dany Heatubun, SHut, MSi, FLS

Tempat Lahir : Manokwari Tanggal Lahir : 6 Desember 1973

Istri : Oktarina Simanjuntak

Profesi / afiliasi : Guru Besar Tetap Dalam Ilmu Botani Hutan / Dosen Fakultas Kehutanan Unipa (Universitas Negeri Papua)

Pendidikan terakhir :

S1 di Jurusan Kehutanan Faperta Uncen tahun 1995. S2 di IPB Bogor S3 di Royal Botanical Garden Kew Inggris tahun 2009.

Membuka Misteri Palem-paleman di Tanah Papua
Tanama yang sering kita jumapai dan tidak asing bagi peradaban manusia menghantarkan pengajar. Charlie pun mengikuti arus dengan memilih penelitian tentang palem, palem ini menarik karena termasuk tumbuhan endemis.
Koleksi tanaman
Kebiasaan dan ketekenunannya charlie menarik perhatian “Bapak Palem Dunia” John Dransfield, pada tahun 1998. Charlie juga bergambung dalam tim Ekpedisi Botani Gunung Jayawijaya bersama Dransfield
Pak John Dransfield bisa dibilang mahaguru tanam palem, Charlie semakin bersamangat ketika pak Dransfield mengatakan bahawa cara mengoleksi palem sanagat bagus dan lengkap.Tanaman palem membuat Charlie melanjutkan jenjang S2-nya di Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan judul tesis tentang genus palem Cyrtostachys. Dan setelah charlie mengambil S2, beliau mengambil program S3 double degree di IPB dan RGB dengan beasiswa.
Pinang Unipa
Pinang Unimpa menjadi spesies tamuan ke-25 dalam karier penelitian charlie di bidang taksonomi. Menurut Charlie total jenis pinang dari genus Arcea di dunia ada sekitar 42, dari 42 genus diantaranya ada 14 genus yang berada di Indonesia. Sementara jenis suku atau famili palem-paleman di dunia ada sekitar 2.800 jenis, dari jumlah itu ada sikitar 750 jenis yang berada di Indonesia.Namun pencapaian yang paling di banggakannya dari hasil penelitian charlie ada 3 genus baru palem, pertengahan agustus 2014
Kini Charlie sedang menyelesaikan buku nya yang berjudul Palm of New Guinea yang berisi tentang catatan semua jenis palem-peleman di pulau Papua. Harapan dari buku yang beliau buat, buku ini bisa menjadi catatan kekayaan botani Indonesia di Papua.

Kompas,23 SEPTEMBER 2014

ICBE 2018

Professor Charlie D. Heatubun

Professor Heatubun saat ini mejabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat (Balitbangda) dan guru besar pada Fakultas Kehutanan, Universitas Papua dan Honorary Research Associate pada Royal Botanical Garden Kew, Inggris. Berpengalaman lebih 20 tahun sebagai peneliti sistematik palem dan survai botani di New Guinea, Maluku, Sulawesu dan Kalimantan Utara. Prof Charlie adalah ahli palem dan botani hutan Papua, Fellow Linnean Society London, anggota Kelompok Species Survival Commission Palm Specialist, anggota Fresh Water Plant Specialist IUCN, dan anggota pengurus Yayasan Flora Malesiana. Dikenal sebagai ahli palem, terutama genera Areca, Cyrosrachys, Jailoloa, Manjekia, Sommieria dan Wallaceodoxa. Sebagai konsultan biodiversiti, konservasi dan pembangunan berkelanjutan, sebagai external auditor untuk PT. Freeport Indonesia.