Gubernur Papua Barat: Pentingnya Inovasi Digital Dalam Mendukung Kinerja Pemerintahan Di Daerah

"Peluncuran Aplikasi Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat" dok.brida_mediapapuabarat

BridaNew_MANOKWARI - Penjabat Gubernur Papua Barat Drs. H. Ali Baham Temongmere, MTP resmi meluncurkan aplikasi riset dan inovasi yang dikelola oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat pada Senin, 22 Januari 2024 di salah satu hotel di Manokwari.

Aplikasi riset dan inovasi yang diluncurkan ini adalah beberapa inovasi yang telah berjalan dan dalam pengembangan sejak tiga tahun terakhir, dimana dibutuhkan pengembangan dan kematangan inovasi sehingga baru dapat diluncurkan pada awal tahun 2024.

"Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si menjelaskan kepada Bapak Gubernur bahwa aplikasi-aplikasi yang telah dihasilkan" (dok.brida_mediapapuabarat)

Mengawali peluncuran tersebut, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si menjelaskan kepada Bapak Gubernur bahwa aplikasi-aplikasi yang telah dihasilkan ini adalah merupakan bentuk tanggung jawab dalam menjalankan Tugas dan Fungsi BRIDA sebagai lembaga riset dan inovasi di pemerintahan daerah.

Selanjutnya dalam sambutan singkat sebelum meluncurkan aplikasi riset dan inovasi daerah Provinsi Papua Barat, Penjabat Gubernur Papua Barat Drs. H. Ali Baham Temongmere, MTP mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dengan capaian yang telah dihasilkan oleh BRIDA Provinsi Papua Barat. “Saya memberi apresiasi yang tinggi kepada BRIDA karena melalui inovasi ini dapat memberikan perubahan yang signifikan terhadap jalannya roda pemerintahan,” tegas Pj. Gubernur Temongmere.

"Penjabat Gubernur Papua Barat Drs. H. Ali Baham Temongmere, MTP saat memberikan sambutan dan  meluncurkan aplikasi riset dan inovasi daerah Provinsi Papua Barat" (dok.brida_mediapapuabarat)

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Fakfak ini juga mengingatkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir bahwa dengan inovasi, khususnya zaman sekarang ini sangat dibutuhkan yang namanya digitalisasi sebagai bagian dari sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Karena dengan digitalisasi, semua proses birokrasi yang ada di pemerintahan dapat dengan mudah dilaksanakan dan dapat memangkas waktu pemrosesannya sehingga lebih efektif dan efisien.

"Pemberian buku Inventarisasi Flora Fauna FakFak kepada Pj. Gubernur oleh Kepala Brida Papua Barat dan foto bersama" (dok.brida_mediapapuabarat)

Setelah itu, Pj. Gubernur secara resmi meluncurkan beberapa inovasi BRIDA Provinsi Papua Barat yang juga termuat dalam aplikasi Dashboard Informasi Badan Riset dan Inovasi Daerah (DASI BRIDA) yang ditandai dengan mengoperasikan secara langsung Dashboard Informasi tersebut didampingi oleh Kepala BRIDA Provinsi Papua Barat. Beberapa aplikasi tersebut termasuk SITERINDAH, SINDI, SIMADU, TEMPAT ISI dan beberapa fitur-fitur berbasis web lainnya.

Peluncuran aplikasi riset dan inovasi daerah tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas KOMINFOPERSTATIK, Kepala Biro Administrasi Pembangunan, perwakilan mitra pembangunan WRI dan Mahkota Permata Tanah Papua serta pejabat eselon III dan IV di lingkup BRIDA Provinsi Papua Bara serta beberapa insan pers. (chr/brida_mediapapuabarat)


Banner
Video

Febuari

MINSENSELRAMKAMJUMSAB
28293031123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282912