PENJAJAKAN KERJASAMA DENGAN BANK DUNIA DAN AJE GROUP DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN, RENDAH EMISI KARBON DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT ADAT OAP DI PAPUA BARAT

"Staf senior perwakilan Bank Dunia di Indonesia dan Timor Leste, Andre Aquino dan Pihak AJE Asean Group, Febian Mosquera" dok.brida_mediapapuabarat

BridaNews_Jakarta,- Disela-sela kunjungan kerja menghadiri Kegiatan Temu Interaktif Nasional terkait Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang diselenggarakan oleh LSM Kemitraan di Jakarta,   Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si berkesempatan melakukan pertemuan dengan  Perwakilan Bank Dunia (Pimpinan Program Pembangunan Berkelanjutan untuk Indonesia dan Timor Leste) dan Pihak AJE Group di Jakarta pada Kamis 02 Maret 2023. Saat dikonfirmasi oleh tim media BRIDA, Profesor Heatubun menyampaikan bahwa pertemuan bersama Perwakilan Bank Dunia ini adalah penjajakan membahas peluang Kerjasama dan dukungan Bank Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Papua Barat. Dalam pembahasan informal tersebut, terungkap bahwa Bank Dunia di Indonesia fokus pada penguatan yurisdiksi dalam implementasi nilai ekonomi karbon, tata niaga dan komoditas lokal dalam investasi hijau, dan tata kelola organisasi yang efektif dan efisien, serta terobosan dan inovasi dalam mengatasi krisis iklim dan kemiskinan.

Lebih lanjut, staf senior perwakilan Bank Dunia di Indonesia dan Timor Leste, Andre Aquino menjelaskan tentang program-program lain Bank Dunia yang relevan terkait tema hutan, laut dan iklim di Indonesia yang sejalan dengan fokus dan inisiatif pembangunan berkelanjutan di Papua Barat. Juga secara spesifik tentang kesatuan pengelolaan lanskap yang terintegrasi dan prospek dukungan terhadap Kawasan Strategis Mahkota Permata Tanah Papua yang menjadi salah satu ikon inisiatif pembangunan berkelanjutan Pemeritah Daerah Provinsi Papua Barat.

 

"Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si bersama staf senior perwakilan Bank Dunia di Indonesia dan Timor Leste, Andre Aquino" (dok.brida_mediapapuabarat)

Kemudian, Profesor Heatubun melanjutnya pertemuan dengan  Febian Mosquera dari pihak AJE Group.  Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan dengan pihak AJE Group sebelumnya di Merida, Yucatan, Mexico yang dilanjutkan dengan pertemuan virtual pada 16 Februari 2023  untuk penjajakan kerjasama Pemerintah Daerah, pihak AJE dan Masyarakat dalam pengembangan komoditas lokal, buah-buahan untuk minuman dan makanan bernutrisi tinggi dalam konteks “climate positive”. Pihak AJE group merupakan perusahaan yang menghasilkan, mendistribusikan dan memasarkan minuman dan makanan yang berpusat di negara Peru, Amerika Latin. Diharapkan akan sangat membantu pemerintah serta masyarakat dalam pengembangan produk dan peningkatan nilai tambah dari komoditas lokal dan tetap menjaga kelestarian lingkungan alam.

Selain itu,  pihak AJE kembali menjelaskan filosofi usaha mereka yang bekerja langsung dengan masyarakat lokal dan komunitas tradisional dalam mengembangkan produk lokal secara berkelanjutan.

 

"Profesor Heatubun bersama Febian Mosquera dari pihak AJE Group" (dok.brida_mediapapuabarat)

Pada kedua pertemuan tersebut, Kepala BRIDA Papua Barat menjelaskan berbagai kebijakan, program dan terobosan dalam mendukung inisiatif pembangunan berkelanjutan di Papua Barat, termasuk potensi komoditas unggulan daerah non-deforestasi dan secara spesifik terkait dengan kekayaan botani bernilai ekonomi tinggi di Papua Barat yang belum dikembangkan secara intensif. Dari kedua pertemuan informal ini, disepakati untuk segera ditindaklanjuti lebih jauh dengan mempersiapkan konsep-konsep yang lebih matang dan usulan-usulan yang lebih ril dari Pemerintah Daerah Papua Barat sehingga bisa segera didukung dan diimplementasikan. (lb/brida_mediapapuabarat)  


Banner
Video

Juli

MINSENSELRAMKAMJUMSAB
30123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031123