Seleksi Calon Anggota KI Provinsi Papua Barat Memasuki Tahap Wawancara

"Beberapa peserta lainnya dalam seleksi calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Papua Barat Periode 2023 – 2027" dok.brida_mediapapuabarat

BridaNews_MANOKWARI – Seleksi calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Papua Barat Periode 2023 – 2027 masih terus bergulir hingga saat ini dan telah memasuki tahapan wawancara yang dilaksanakan di selama dua hari di Kantor Gubernur Papua Barat, Arfai Manokwari pada Rabu dan Kamis, 12 – 13 April 2023.

Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si

"Ketua panitia tim seleksi, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si bersama kedua penguji saat mewawancara salah satu peserta" (dok.brida_mediapapuabarat)

Setelah melalui berbagai tahapan tes sebelumnya, terdapat 15 calon peserta yang berhasil lolos dan lanjut untuk mengikuti psikotes, tes dinamika kelompok hingga ke tahap wawancara yang akan menghasilkan 10 calon peserta untuk diajukan oleh Gubernur mengikuti fit and proper test di DPR Papua Barat. Dari hasil uji kelayakan dan kepatutan di DPRPB akan terpilih lima orang anggota Komisi Informasi Provinsi. Seluruh rangkaian tahapan ini adalah merupakan sebuah proses untuk mendapatkan anggota Komisi Informasi Provinsi yang berkualitas dan berintegritas di Papua Barat.

 

"Salah Satu Peserta, Samuel Sirken" (dok.brida_mediapapuabarat)

Ketua Panitia Tim Seleksi, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si mengatakan bahwa tes wawancara ini merupakan bagian dari beberapa tahapan yang kemudian akan dilalui setiap peserta tes. “Seluruh tahapan ini harus saudara-saudara lalui, karena yang nantinya terpilih harus benar-benar berkompeten dalam hal pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan pasal 30 ayat 1 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2018”, ucap ketua Timsel yang sekaligus juga merupakan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat.

 

"Salah satu Peserta Seleksi calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Papua Barat Periode 2023 – 2027" (dok.brida_mediapapuabarat)

“Siapapun yang nanti lolos dari tahap ini, kiranya dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk menghadapi seleksi tahap selanjutnya hingga pada penetapan nantinya” tutupnya.

Selanjutnya salah satu peserta tes wawancara Samuel Sirken ketika ditemui Tim Media BRIDA Papua Barat mengatakan bahwa wawancara hari ini lebih santai dan lebih banyak ke diskusi antara peserta dan tim seleksi terkait materi yang disampaikan oleh tim seleksi. “Saya sangat senang mengikuti wawancara hari ini karena lebih mengarah ke diskusi sehingga kami para peserta tidak merasa bahwa sedang diwawancarai tetapi lebih ke arah tukar pendapat”, tambahnya.

 

"Beberapa peserta lainnya dalam seleksi calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Papua Barat Periode 2023 – 2027" (dok.brida_mediapapuabarat)

Saya  berharap dengan hasil diskusi tadi (terkait indeks keterbukaan informasi publik Papua Barat) yang menurutnya termasuk kategori terendah (posisi 3 dari bawah) maka dengan adanya seleksi ini sekiranya KI Provinsi kedepannya bisa lebih bekerja keras lagi bersama pemerintah daerah untuk sama-sama membuat perubahan mendukung Keterbukaan Informasi Publik di Papua Barat dan meningkatkan Indeks Keterbukaan Informasi. (chr/brida_mediapapuabarat)


Banner
Video

Juni

MINSENSELRAMKAMJUMSAB
2627282930311
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30123456