Ini Penyampaian Gubernur Papua Barat Dalam Pertemuan Bersama BRIN di Manokwari

"Sambutan Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn.) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si yang disampaikan oleh Kepala Brida Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si" dok.brida_mediapapuabarat

BridaNews_Manokwari, -  Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Papua Barat  bersama Badan Riset dan Inovasi  Nasional Republik Indonesia (BRIN) gelar pertemuan dalam rangka diseminasi pembentukan BRIDA  dan penyusunan rencana induk pemajuan IPTEK daerah secara offline dan juga online pada Kamis, 29 September 2022.

 

"Penabuhan Tifa sebagai tanda di bukanya Diseminasi Pembentukan BRIDA dan Penyusunan Induk Pemajuan IPTEK Daerah oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Pada BRIN, Dr. Yopi didamping oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si, dan Plt. Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah pada BRIN, Dr. Sri Nuryanti" (dok.brida_mediapapuabarat)

Pertemuan ini  dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Pada BRIN (Dr. Yopi), Plt. Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah pada BRIN (Dr. Sri Nuryanti), yang selanjutnya sebagai narasumber dalam menyampaikan informasi dan sekaligus sosialisasi terkait kegiatan dimaksud.  Pertemuan ini  diikuti oleh sejumlah Sekretaris daerah Kab Kota Se-Papua Barat, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  lingkup Provinsi Papua Barat dan Kab/Kota dalam hal ini Bappeda/ Bapelitbang, Bagian organisasi, pimpinan perguruan tinggi, lembaga penelitian, mitra pembangunan serta lembaga lainnya yang membidangi urusan riset dan inovasi daerah.

 

"Penyerahan Buku Papua Barat Menuju Pembangunan Berkelanjutan oleh Prof. Heatubun kepada Dr. Yopi" (dok.brida_mediapapuabarat)

Dalam sambutan tertulis Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn.)  Drs. Paulus Waterpauw, M.Si yang disampaikan oleh Kepala BRIDA Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa Papua Barat memiliki pemahaman bahwa pengembangan riset dan inovasi merupakan salah satu tonggak pembangunan yang harus diperhatikan, agar pelaksanaan pembangunan memiliki landasan yang kuat, karena dilakukan berdasarkan kajian yang mendalam dan komprehensip, dan Papua Barat telah memulai dan menunjukkan langkah awal yang baik dengan adanya Peraturan Daerah dan dokumen-dokumen lainnya yang telah disiapkan sejak awal dalam bertransformasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA) Provinsi Papua Barat.

 

"Penyerahan Buku Papua Barat Menuju Pembangunan Berkelanjutan oleh Prof. Heatubun kepada Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Manokwari Selatan, Hengky Tewu" (dok.brida_mediapapuabarat)

Lebih lanjut disampaikan dalam sambutan Gubernur Papua Barat  bahwa perhatian pemerintah Papua Barat itu mulai terlihat sejak terbitnya PERDA Nomor 7 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah yang mengamanatkan pembentukan Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Papua Barat sebagai organisasi perangkat daerah yang melaksanakan tugas pembantuan di bidang penelitian dan pengembangan.

Gubernur Papua Barat mengharapkan peran ini terus di tingkatkan pada masa datang, guna mewujudkan kemajuan di Papua Barat dan penguatan eksistensi BRIDA. Terkait dengan urusan riset dan inovasi, keseriusan pemerintah daerah terlihat saat ini dengan telah dihasilkan PERDA Nomor 4 Tahun 2022 tentang perubahan kedua atas peraturan daerah Provinsi Papua Barat Nomor 7 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Papua Barat dan PERDA Nomor 5 Tahun 2022 tentang riset dan inovasi daerah di Provinsi Papua Barat.

"Penjelasan tata kerja Inovasi Dasi (Dasboard Sistem Informasi) Brida yang di ciptakan Badan Riset dan Inovasi Daerah oleh Prof. Heatubun kepada Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Pada BRIN (Dr. Yopi), Plt. Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah pada BRIN (Dr. Sri Nuryanti) dan didampingi langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maokwari Selatan (Hengky Tewu)" (dok.brida_mediapapuabarat)

Dalam menutup sambutan Gubernur Papua Barat menyatakan  bahwa Papua Barat berkomitmen menjadi provinsi yang mengutamakan riset dan inovasi dalam mengisi pembangunan berkelanjutan di Papua Barat. “Kami di Papua Barat mengharapkan dukungan bantuan dan kerjasama Deputi Riset dan Inovasi untuk turut mempercepat proses transformasi tersebut dan pemantauan pelaksanaan tugas dan fungsi BRIDA. Bahkan kami juga mengajak kabupaten/kota untuk selalu berkoordinasi guna pembentukan BRIDA di daerah,” tutup Gubernur yang disampaikan oleh Kepala BRIDA Provinsi Papua Barat. (lb/brida_mediapapuabarat)


Banner
Video

Desember

MINSENSELRAMKAMJUMSAB
27282930123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031